Rabu, 30 November 2016




SD Entrepreneur Muslim ALIF A mengadakan pesantren entrepreneur yang diikuti oleh seluruh siswanya. Pesantren entrepreneur dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 November 2016 di komplek sekolah. Pesantren entrepreneur kali ini mengambil tema “Menjadi Pengusaha Hebat, dengan Alam Bersahabat”. Tujuan diadakan acara ini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk membekali siswa dengan jiwa entrepreneur sejak dini. Selain itu juga menanamkan kecintaan para siswa dengan alam sehingga bisa terus menjaga kelestarian alam.

Dalam kegiatan ini, anak dituntut untuk bisa mandiri. Yang biasanya segala sesuatu harus dengan bantuan orang tua, tapi untuk kali ini tidak. Mereka harus mengerjakannya sendiri, mulai dari mandi, memakai baju, makan, cuci piring, dan pekerjaan lain harus mereka kerjakan sendiri. Kemandirian siswa yang lain misalnya siswa tidak lagi tidur ditemani orang tua. Dari pembiasaan pembiasaan seperti ini mengajarkan para siswa agar tidak selalu mengandalkan bantuan orang lain/ orang tuanya. Dua hari yang penuh dengan jadwal kegiatan juga membuat siswa berlatih akan kedisplinan. Selama dua hari, siswa diajak untuk selalu dekat dengan Allah SWT melalui pembiasaan beribadah, misalnya sholat wajib, dzikir, tadarus al qu’an termasuk qiyamul lail. Patut diapresiasi karena para siswa mengikutinya dengan tertib.

Dalam rangkaian kegiatan pesantren entrepreneur siswa dibagi kelompok kelompok dengan nama unit usaha yang unik dan menarik. Dengan adanya pembagian kelompok, diharapkan siswa belajar mengelola kelompoknya masing-masing sebagai latihan leadership siswa. Di hari pertama, siswa belajar di peternakan kambing. Para siswa melakukan observasi dan wawancara kepada pemilik peternakan. Makan siang siswa juga dikemas seperti ala pesantren dengan makan secara bersama sama dalam satu wadah. Mereka terlihat antusias dan penuh dengan rasa kekeluargaan. Siswa juga belajar membuat roti bakar ala mereka sendiri sesuai dengan kreatifitasnya masing –masing.

Di hari kedua, siswa diajak untuk olahraga dan pengembaraan di alam bebas. Disini siswa belajar untuk belajar mencintai alam dan bersahabat dengan alam. Dalam pengembaraan ini ada pos- pos yang harus dilalui dan disana terdapat tantangan yang harus mereka pecahkan. Di akhir kegiatan pesantren entrepreneur mereka belajar untuk menanam bunga dan pepohonan sebagai wujud kecintaan kita dalam melestarikan alam. Dua hari berlalu, para siswa mengaku senang mengikuti kegiatan ini, mereka berharap ada kegiatan semacam ini lagi. Harapannya, kegiatan semacam ini bisa menjadi kegiatan rutin untuk membekali mental para santri yang akan berguna kelak di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Disini

    SD ISLAM KHALIFAH

    SD ISLAM KHALIFAH

    MOTTO

    “Prophetic Entrepreneur and Leadership”

    INFO PENDAFTARAN

    Waktu : Gelombang 1: Oktober - Desenber2017 Gelombang 2: Januari - Maret 2018 Gelombang 3: April - Juni 2018
    Syarat Pendaftaran :

    1. Mengisi formulir pendaftaran
    2. Menyerahkan fotocopy akte kelahiran
    3. Menyerahkan pas photo 3x4 berwarna (3 lembar)
    4. Menyerahkan fotocopy Ijazah TK (menyusul)
    5. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga
    6. Membayar biaya pendaftaran
    7. Melampirkan piagam prestasi (jika ada) Info pendaftaran : 085 747 340 235

    ALAMAT

    Jl. Wonosari km 11 Klenggotan Srimulyo Piyungan kode pos 55792 Bantul Yogyakarta