Sabtu, 15 Juli 2017

Salah satu kebahagiaan orang tua adalah ketika melihat putra putrinya mulai tumbuh dewasa. Tak terasa buah hati yang seakan baru kemaren lahir kini sudah saatnya masuk usia sekolah. Orang tua ingin sekolah yang terbaik untuk putra putrinya, maka banyak pertimbangan yang dilakukan dalam rangka memilihkan sekolah untuk putra putrinya tercinta. 

Hari pertama masuk sekolah tentu menjadi spesial bagi siswa baru. Ya..karena siswa berhadapan dengan lingkungan yang baru, teman yang baru serta situasi yang baru. Maka dari itu ada hal-hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua dalam rangka mengawal putra-putrinya di sekolah yang baru. Nah, dalam hal ini SD Entrepreneur Muslim ALIF-A akan mencoba berbagi beberapa tips bagi orang tua di hari pertama masuk sekolah putra putrinya. 

1. Bangun lebih awal
Di hari pertama masuk sekolah, usahakan jangan sampai terlambat masuk sekolah. Maka keterlambatan masuk sekolah berpengaruh pada mental siswa. Maka orang tua harus bangun lebih awal dan ajak anak supaya bangun lebih awal. Agar anak bisa bangun lebih awal, ajak anak membuat kesepakatan sebelumnya bangun jam berapa. Bimbing anak untuk berdoa sebelum tidur, dan meniatkan bangun sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Beri motivasi kepada anak untuk bangun sendiri. Jika belum bisa bangun sendiri, maka bangunkan anak pelan-pelan. Jangan bangunkan anak dengan paksaan, atau suara yang keras, karena hal itu membuat anak bad mood. Kalau anak bangun dengan terpaksa, maka akan berdampak dengan kegiatan selanjutnya. 

2. Persiapkan segala kebutuhan lebih awal
Nah, selanjutnya siapkan kebutuhan anak lebih awal. Perlengkapan sekolah apa saja yang harus dibawa, meliputi Tas, Buku Tulis, Alat tulis serta perlengkapan yang lainnya. Terlebih seragam sekolah, siapkan seragam mana yang akan dipakai minimal 1 hari sebelumnya sehingga ketika hari masuk sekolah sudah siap untuk dipakai. 

3. Persiapkan mental anak
- Ceritakan hal yang menyenangkan tentang sekolah
Ini juga penting dilakukan orang tua kepada anaknya untuk menyambut hari pertama masuk sekolah. Ada sebagian siswa yang terkadang mengalami ketakutan masuk sekolah, tidak mau ditinggal dan ingin selalu didampingi orang tuanya. Inilah tantangan bagi orang tua, maka dari itu ceritakan saja hal-hal yang menyenangkan tentang sekolah. Hal ini akan memberikan gambaran positif tentang sekolah. 

- Beri motivasi dan penghargaan untuk anak
Motivasi dan penghargaan adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk membekali mental siswa di hari pertama masuk sekolah. Berikan kata-kata positif, misalnya: 
“Wahh..anak umi hebat!! Udah siap masuk sekolah! ; 
“Anak ganteng, pasti nanti tidak ditungguin Mama Papa kan?
“Nak, kamu pingin Ayah Ibu seneng kan? Nanti tidak ditungguin Ayah-Ibu ya..!!!
“Semangat ya nak..kamu pasti bisa !
“Sholih sholihah di sekolah ya nak..!!! Tos dulu sama ayah...
Atau silahkan ayah bunda membuat sendiri kata-kata positif yang mampu memotivasi anak. 
Ingat...
Jangan beri kata-kata negatif bagi anak, misalnya:
“Dasar..anak bandel, ayo berangkat..nanti keburu terlambat.”
“Jadi anak kok susah diatur..!!

Dan lain-lain. Kata-kata negatif tidak baik bagi tumbuh kembang anak, maka hindari kata-kata negatif. 

4. Rela berpisah dengan anak, percayakan pada sekolah
Jika sudah sampai sekolah, maka percayakan putra-putri ayah bunda ke sekolah. Ikhlaskan hati anda agar putra putri ayah bunda nyaman dan betah di sekolah. Panjatkan doa kepada Allah SWT agar putra-putrinya jadi anak yang sholih dan sholiah serta betah dan nyaman di sekolah yang baru. 

5. Dengarkan cerita anak sepulang sekolah
Biasanya, anak dengan reflek akan menceritakan pengalamannya di hari pertama masuk sekolah. Entah itu tentang kegiatan sekolah, teman baru di sekolah atau hal-hal yang berkenaan dengan sekolah. Maka tugas orang tua adalah dengarkan dengan baik cerita putra putri ayah bunda. Dengan ayah bunda menjadi pendengar yang baik bagi anak, maka membuat anak merasa senang mempunyai orang tua yang pengertian dengan anak. Jika anak belum bercerita, maka ajak anak untuk menceritakan pengalamannya di sekolah. Orang tua bisa memulai dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, misalnya: “Gimana tadi di sekolah dek?” ; “Tadi belajar apa dek?” dan sebagainya. Jika anak sudah bercerita, maka beri motivasi dan penguatan kepada anak agar terus mandiri dan menjadi anak kebanggaan orang tua. 

Demikian beberapa tips dari kami, pengelola SD Entrepreneur Muslim ALIF-A untuk para orang tua, khususnya bagi orang tua/ wali santri SD Entrepreneur Muslim ALIF-A. Kami sampaikan terimakasih kepada orang tua/ wali yang sudah mempercayakan putra-putrinya di SD Alif-A. Misi kami akan mencetak entrepreneur beliau. Kita berharap di masa yang akan datang mereka akan menjadi para pengusaha dan pemimpin bangsa. Mari kita kawal sejak hari pertama masuk sekolah kita berikan support, dukungan dan doa untuk kita putra putri kita tercinta. (msr)


SD Entrepreneur Muslim Alif-A
Jl. Wonosari, Km 11, Piyungan, Bantul
IG: sd.alifajogja
FB: Alifa Jogja
Fanspage: SDEM Alifa Yogyakarta
PROGRAM SANTRI PINDAHAN (khusus untuk kelas 1-4) 
Hub CP. 085 747 340 235


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Disini

    SD ISLAM KHALIFAH

    SD ISLAM KHALIFAH

    MOTTO

    “Prophetic Entrepreneur and Leadership”

    INFO PENDAFTARAN

    Waktu : Gelombang 1: Oktober - Desenber2017 Gelombang 2: Januari - Maret 2018 Gelombang 3: April - Juni 2018
    Syarat Pendaftaran :

    1. Mengisi formulir pendaftaran
    2. Menyerahkan fotocopy akte kelahiran
    3. Menyerahkan pas photo 3x4 berwarna (3 lembar)
    4. Menyerahkan fotocopy Ijazah TK (menyusul)
    5. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga
    6. Membayar biaya pendaftaran
    7. Melampirkan piagam prestasi (jika ada) Info pendaftaran : 085 747 340 235

    ALAMAT

    Jl. Wonosari km 11 Klenggotan Srimulyo Piyungan kode pos 55792 Bantul Yogyakarta